5 Langkah Mudah Meningkatkan Imun Si Buah hati


5 Langkah Mudah Meningkatkan Imun si Buah Hati

Setiap Bunda tentu ingin melihat si Buah Hati tumbuh sehat. Berbagai cara dilakukan untuk menambah sistem imun supaya si Buah Hati tidak gampang sakit. Sistem imun atau yang dikenal juga sebagai sistem daya tahan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang mampu melindungi tubuh dari molekul asing yang bersumber dari luar tubuh seperti bakteri, virus, jamur, parasit, dan lainnya. Sistem imun terdiri dari:

  • Imunitas bawaan (innate), imunitas bawaan mampu memperlihatkan proteksi yang cepat tetapi bersifat tidak spesifik dan tidak mempunyai memori.
  • Imunitas yang didapat (adaptif), imunitas yang didapat akan terbentuk lebih lambat, tetapi bersifat spesifik kepada molekul asing yang masuk ke dalam tubuh dan mampu mengingatnya jikalau molekul yang sama masuk kembali di kemudian hari.

Sistem imun si Buah Hati ketika lahir tetap belum tepat dan akan semakin berkembang sejalan dengan pertambahan usia. Sistem imun yang bekerja dengan baik dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh si Buah Hati sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut adalah langkah mudah untuk menambah sistem imun si Buah Hati :

1. Makan-makanan yang bernutrisi cukup dan seimbang

    Status gizi yang berlebih maupun kurang akan berdampak kurang baik pada sistem imun tubuh, jadi penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi harian. Status gizi yang kurang akan memunculkan keadaan imunosupresi yaitu daya tahan tubuh yang kurang sehingga lebih rentan terkena penyakit. Sedangkan, status gizi yang berlebih juga menambah resiko inflamasi kronis yang mengganggu imun tubuh juga. Nah, sebaiknya si Buah Hati memperoleh asupan nutrisi yg seimbang, mulai dari kebutuhan nutrisi makro semacam karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi mikro yaitu vitamin dan mineral. Sayur dan buah-buahan mengandung beberapa vitamin dan mineral yang  diperlukan oleh tubuh.

2. Berjemur di bawah sinar matahari

Berjemur mempunyai beragam manfaat, Bunda dapat menyimak postingan Nutriclub tentang “5 Manfaat Berjemur bagi si Buah Hati”. Sinar matahari mempunyai berbagai manfaat jikalau dalam paparan yang sesuai. Berjemur matahari disarankan selagi 10-15 menit. Berjemur sebaiknya dilakukan pukul 10 pagi dan jam 4 sore, sebab pada tengah hari banyak sinar ultraviolet B (UVB) yang akan mengaktifkan kolesterol yang ada di kulit insan dan menghasilkan vitamin D. Vitamin D sendiri ialah senyawa anti inflamasi yang memegang peranan untuk menambah kerja sistem imun tubuh.

3. Mengurangi stres

Stress dalam jangka waktu yang lama kurang baik bagi tubuh sebab akan mengeluarkan hormon-hormon yang mengganggu daya tahan tubuh semacam hormon kortisol dan juga kerja dari sitokin-sitokin pro inflamasi lainnya. Selain itu, stress yang terjadi pada usia dini mempunyai efek jangka panjang kepada regulasi sistem imun. Bunda bisa melakukan berbagai kegiatan untuk mengurangi stres si Buah Hati, seperti banyak meluangkan waktu bersama, mengajaknya melakukan aktivitas yang disukainya, menghindari aktivitas sehari-hari yang terlalu padat, dan menciptakan suasana rumah yang enjoy untuk si Buah Hati

4. Istirahat cukup

Sistem imun dan tidur akan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Kurang tidur akan membuat tubuh menjadi lebih mudah terkena penyakit. Tubuh akan melepaskan sitokin yang melawan infeksi selama dalam kondisi tidur. Berikut adalah anjuran tidur yang disarankan sesuai dengan usia:

  • Bayi usia 4 hingga 12 bulan memerlukan 12-16 jam tidur sehari.
  • Anak usia 1 hingga 2 tahun memerlukan 11-14 jam tidur sehari.
  • Anak usia 3 hingga 5 tahun memerlukan 10-13 jam tidur sehari.
  • Anak usia 6 hingga 12 tahun memerlukan 9-12 jam tidur sehari.
  • Anak usia 13 hingga 18 tahun memerlukan 8-10 jam tidur sehari.

5. Aktif bergerak

Sejak usia dini, si Buah Hati sebaiknya dibiasakan untuk aktif bergerak. Aktif bukan berarti dengan berolahraga saja, tetapi dapat dimulai dari hal-hal yang kecil misalnya bermain bersama teman, dan membiasakan jalan kaki ataupun naik sepeda. Anak usia dibawah tiga tahun dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik ringan setidaknya 3 jam sehari. Anak dibawah lima tahun dianjurkan untuk melakukan variasi aktivitas fisik ringan, sedang, hingga berat setidaknya 3 jam sehari. Anak diatas lima tahun disarankan untuk melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 1 jam sehari. Aktif bergerak tergolong sebagai pilar dari pola hidup sehat sebab mampu menambah kerja sistem kardiovaskular, menjaga berat badan yang ideal, dan melindungi dari beberapa macam penyakit, dalam jangka panjang faktor ini akan menolong kerja sistem imun tubuh supaya mampu bekerja dengan optimal.

Tidak ada komentar untuk "5 Langkah Mudah Meningkatkan Imun Si Buah hati"