Purposeful Exposure untuk si Buah Hati Usia 1 Tahun

Purposeful Exposure untuk si Buah Hati Usia 1 Tahun

Meski rutinitas harian Ayah dan Bunda sedikit terhambat terkait adanya himbauan physical distancing, tetapi tumbuh kembang si Buah Hati terus berjalan. Di usia ini si Buah Hati akan terus aktif bergerak; menjelajahi satu persatu daerah yang mampu ia jangkau serta merespon berbagai hal-hal baru yang ia temui. Dikarenakan Bunda adalah orang yang selalu rutin menemani si Buah Hati setiap saat, yuk baca beberapa tips berikut untuk memaksimalkan kegiatan eksplorasi si Buah Hati

    1. Hal yang Dapat Si Buah Hati Lakukan di Usia 1 Tahun

Usia ini artinya usia di mana ia akan mempelajari, memantau serta menirukan sesuatu dengan cepat. Kemampuannya untuk memahami konsep besar serta kecil akan terus terasah, begitu juga dengan performa motoriknya. Ditambah lagi, di usia ini si Buah Hati akan terus paham serta mulai bereaksi terhadap beberapa faktor yang Bunda lakukan. Ini artinya, si Buah Hati telah siap untuk Bunda ajak bermain. Bunda bisa mengajaknya bermain ataupun melewati aktivitas seru yang sesuai untuk usianya.

    2. Contoh Jenis Mainan untuk Stimulasi si Buah Hati Ketika Usia 1 Tahun

Jika Bunda ingin menunjukkan mainan untuk si Buah Hati di usia ini, berikanlah mainan yang mampu mendukung kecerdasan kognitifnya ya, Bun. Berikan ia mainan yang luar biasa serta aman untuk ia mainkan, juga mainan yang bersih serta tak berisiko merusak gigi serta mulutnya, mengingat di usia ini si Buah Hati akan mengalami tumbuh gigi serta gemar menggigit benda yang ia pegang.

Nah, Bunda sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ketika bermain bersama si Buah Hati:

  • Pastikan mainan untuk si Buah Hati mempunyai standar nilai kesehatan serta keamanan yang telah ditetapkan.
  • Hindari menunjukkan si Buah Hati mainan yang berkapasitas kecil ataupun berbulu yang berisiko tertelan.
  • Bunda dapat memberikan si Buah Hati buku bergambar yang baik untuk kecerdasan visual serta spasialnya.
  • Bunda dapat memberikan mainan yang mampu ia genggam.
  • Bunda dapat memberikan mainan balok susun berwarna alias puzzle potongan besar untuk mendukung kecerdasan si Buah Hati.
  • Ajak si Buah Hati bermain memakai bola lembut yang mampu ia remas serta ia kejar. Permainan ini dapat menambah performa motorik si Buah Hati, sebab akan memicunya untuk belajar berjalan daripada merangkak.

    3. Contoh Permainan Purposeful Exposure untuk Stimulasi si Buah Hati Ketika                 Usia 1 Tahun

Ada berbagai tipe permainan yang dapat Ayah dan Bunda lakukan bersama si Buah Hati. Selain bermanfaat untuk menghibur si Buah Hati, kegiatan bermain bersama ini akan menambah perkembangan kognitifnya.

            3.1 Ciptakan Bunyi-Bunyian Sendiri

Ambil lalu gunakan kerincingan, sendok, panci, lonceng, gong ataupun benda-benda yang ada di rumah yang mampu mengeluarkan bunyi serta buatlah paduan bersama si Buah Hati. Ajak si Buah Hati menciptakan ritme bunyi dari benda tersebut. Dengan kegiatan ini, ia akan belajar mengetahui beragam tipe bunyi sekaligus belajar menambah performa koordinasinya.

            3.2 Bermain Telepon-Teleponan

Jika si Buah Hati punya mainan telepon atau bisa jadi Bunda punya ponsel yang telah rusak, gunakan benda tersebut untuk bermain telepon-teleponan. Berpura-puralah mengobrol serta ciptakan beragam bunyi ketika “menelepon” si Buah Hati. Permainan ini tak hanya menarik untuk si Buah Hati tapi juga bermanfaat untuk mendukung performa bahasa serta sosialnya.

            3.3 Menyusun Puzzle alias Lego

Meski permainan ini umumnya direkomendasikan untuk si Buah Hati di usia 2 tahun ataupun lebih, ajak si Buah Hati untuk menonton Ayah dan Bunda menyelesaikan puzzle dan juga menyusun balok, lalu biarkan ia untuk menirukan apa yang Bunda lakukan. Kegiatan ini akan mengajarkan si Buah Hati bagaimana caranya menyelesaikan sesuatu bersama-sama, sekaligus meningkatkan pemahamannya terhadap ragam bentuk serta warna.

            3.4 Berhitung Bersama

Hitunglah jumlah jari tangan serta kaki si Buah Hati, jumlah anak tangga yang anda pijaki, ataupun jumlah mainan yang Bunda taruh di dalam kotak. Si Buah Hati mungkin belum mampu menirukan hitungan yang Bunda sebutkan, tapi kegiatan ini akan membantunya mengetahui angka serta belajar tutorial berhitung.

            3.5 Membuat Botol Sensorik

Untuk mendukung performa sensorinya, siapkan beberapa botol plastik kosong serta isilah botol-botol tersebut dengan benda-benda dengan beragam bentuk, ukuran serta warna (misalnya dengan pasir alias kacang polong). Masukkan sejumlah air ke dalam beberapa botol serta tutup rapat botol tersebut. Lalu, ajaklah si Buah Hati untuk memilih salah satu botol tersebut serta biarkan ia mengocok, menonton serta mendalami isi dalam botol tersebut

Jangan lupa untuk rutin mencuci tangan Bunda dan si Buah Hati, sebelum serta sesudah bermain ya, Bun ! Selain itu, jaga si Buah Hati supaya ia tak menyentuh wajahnya sendiri maupun wajah Bunda.

Tidak ada komentar untuk "Purposeful Exposure untuk si Buah Hati Usia 1 Tahun"