Cara Ampuh Mengecilkan Pori-Pori


CARA AMPUH MENGECILKAN PORI-PORI

Pori-pori tidak bisa dihilangkan, tetapi bisa diperkecil. Pori-pori yang besar sering kali mengganggu desain make up bagi para wanita. Bagaimana tutorial mengecilkan pori-pori?

Pori-pori  diperlukan oleh kulit untuk mengeluarkan minyak serta keringat sehingga pori-pori itu tidak bisa dihilangkan. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab ukuran pori-pori membesar seperti jerawat, produksi sebum yang tinggi, efek dari sinar matahari serta riasan tipe non-komedogenik.

Beberapa tutorial bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengecilkan pori-pori, seperti:

    1. Kenali Produk Perawatan Kulit yang Digunakan

Penggunaan produk yang bertujuan untuk menghilangkan sebum serta jerawat biasanya menawarkan efek yang baik bagi wajah. Namun taidk dianjurkan untuk penggunaan dalam jangka panjang sebab bisa mengiritasi kulit. Umumnya produk-produk tersebut mengandung asam salisilat. Efek penggunaan produk tersebut bisa mengecilkan pori-pori serta kulit menjadi kering. Jika kulit menjadi terlalu kering, akan berakibat kelenjar minyak akan meningkatkan produksi minyak serta akan membuat kulit menjadi berminyak lagi. Untuk mencegah faktor ini gunakan produk-produk tersebut sesekali saja ataupun dua kali dalam seminggu. Gunakan produk-produk non-komedogenik ataupun yang mempunyai basis air.

    2. Membersihkan Wajah

Pilihlah produk yang bisa menghapus kotoran serta minyak berlebih tanpa mengurangi kelembapan kulit ataupun menyebabkan kulit menjadi kering. Bagi yang mempunyai pori-pori besar serta minyak berlebih bisa mempertimbangkan produk dengan bentuk gel. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah serta hindari menggosok wajah ketika mengeringkan. Bersihkan wajah dua kali sehari untuk mencegah tersumbatnya pori-pori oleh kotoran serta mengurangi produksi minyak.

    3. Gunakan Produk Ekfoliasi yg Mengandung AHA serta BHA

American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan produk ekfoliasi hanya sekali sampai dua kali per minggu. Produk ekfoliasi bisa membantu membersihkan sel kulit mati berlebih yang bisa menyumbat pori-pori tanpa mengelupas kulit. Saat sedang berjerawat sebaiknya menghindari produk ekfoliasi untuk mencegah terjadinya iritasi.

Pilihlah produk ekfoliasi yang mengandung asam alpha-hidroksi (AHA) ataupun asam beta-hidroksi (BHA). Kedua bahan aktif tersebut bisa memberikan fungsi maksimal, khususnya BHA yang bisa juga membantu mengobati jerawat.

    4. Menggunakan Produk Pelembab

Bolehkah orang-orang dengan kondisi kulit berminyak memakai pelembab wajah? Penggunaan pelembab kulit tidak akan meningkatkan minyak pada wajah. Produk pelembab akan membantu sebum alamiah kulit masuk kedalam lapisan kulit yang lebih dalam. Hal ini tidak hanya mengurangi minyak, tetapi juga membuat kulit lebih sehat.

    5. Menggunakan Clay Mask

Clay mask bisa membantu mengurangi minyak, kotoran serta sel kulit mati yang bisa membuat pori-pori menjadi kecil. Gunakan sekali sampai dua kali seminggu, tetapi tidak pada hari yang sama dengan jadwal memakai produk ekfoliasi. Penggunaan ekfoliasi serta clay mask pada hari yang sama bisa meningkatkan iritasi pada kulit.

    6. Menggunakan Tabir Surya Setiap Hari

Tabir surya bisa dipakai oleh semua tipe kulit setiap hari. Kerusakan kulit yang terjadi akibat dampak dari sinar matahari tidak hanya meningkatkan resiko kanker serta garis-garis halus, tapi juga bisa membuat kulit menjadi kering serta pori-pori menjadi lebih besar. Gunakan produk dengan SPF 30 ketika akan keluar rumah (15 menit sebelum pergi).

    7. Hindari Menggunakan Riasan Saat Tidur

Menggunakan riasan ketika tidur di malam hari bisa merusak kulit sebab kosmetik akan berkumpul dengan kotoran, minyak serta bakteri dan akan menyumbat pori-pori. Hal ini bisa membuat  pori-pori menjadi lebih besar ketika pagi hari. Sehingga sangat penting untuk membersihkan riasan wajah ketika akan tidur.

Tidak ada komentar untuk "Cara Ampuh Mengecilkan Pori-Pori"