Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tulang Anda


Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tulang Anda

Vitamin D mempunyai varian kegunaaan bagi tubuh. Umumnya vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Walau begitu ada kegunaaan lain yang bisa Kalian lihat apabila Kalian memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cara teratur. Artikel ini akan mengulas akibat kekurangan vitamin D dan makanan yang bisa Kalian konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Fungsi Vitamin D

Fungsi vitamin D bisa membantu mengatur jumlah kalsium dan fosfat pada tubuh. Nutrisi ini sangat diharapkan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi,dan otot. Oleh sebab itu, penting bagi Kalian untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh.

Meski umumnya disebut sebagai vitamin, sebetulnya vitamin D bukan semata-mata vitamin, tetapi dianggap sebagai pro-hormon. Vitamin ialah nutrisi yang harus diperoleh lewat makanan ataupun suplemen, sebab tak bisa dibangun sendiri oleh tubuh. Namun, vitamin D sanggup diproduksi oleh tubuh insan dari sinar matahari (sinar UV) yang diserap kulit.

Untuk usia dewasa setidaknya Kalian memerlukan 600-800 IU vitamin D per harinya. Sedangkan pada usia bayi hingga satu tahun hanya memerlukan IU vitamin D per hari.

Manfaat Vitamin D

    1. Kesehatan Tulang

Vitamin D mempunyai kegunaaan penting guna mengatur kadar kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor di dalam darah. Kedua faktor tersebut penting untuk menjaga kesehatan tulang.

    2. Mengurangi Tingkat Resiko Terkena Flu

Penelitian menunjukkan bila vitamin D bisa berguna untuk mengurangi resiko dan menunjukkan perlindungan kepada virus influenza. Walau begitu beberapa sumber tak menemukan efek dengan pasti konsumsi vitamin D pada pengurangan tingkat resiko flu. Oleh sebab itu tetap tidak sedikit riset yang butuh ditelusuri tentang kegunaaan vitamin D bagi penurunan tingkat resiko flu.

    3. Bayi Lebih Sehat

Pemenuhan kebutuhan vitamin D berguna bagi bayi ataupun anak-anak. American Academy of Allergy Asthma and Immunology (AAAAI) menunjukkan sebuah data tentang hubungan antara paparan vitamin D yang rendah dan peningkatan risiko sensitisasi alergi. Contohnya ialah anak-anak yang tinggal lebih dekat dengan ekuator dan mempunyai tingkat masuk yang lebih rendah ke rumah sakit sebab alergi ditambah lebih sedikit resep autoinjector epinefrin. Mereka juga cenderung tak mempunyai alergi kacang.

    4. Kehamilan yg Sehat

Sebuah studi menunjukkan bila wanita hamil yang mengalami kekurangan vitamin D selagi periode kehamilannya bisa mempunyai tingkat resiko lebih tinggi mengalami preeklamsia dan melahirkan dengan cara prematur. Selain itu, tingkat resiko lainnya ialah diabetes gestasional dan vaginosis bakterial.

Defisiensi Vitamin D

Walaupun tubuh bisa memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Defisiensi vitamin D bisa terjadi sebab beberapa alasan. Penyebabnya antara lain:

    1. Jenis Kulit

Jika Kalian mempunyai kulit yang lebih gelap, kemungkinan Kalian mengalami defisiensi ataupun kekurangan vitamin D lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena kulit yang gelap cenderung susah untuk menyerap sinar matahari sangat penting bagi kulit untuk memproduksi vitamin D.

    2. Penggunaan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya ditenggarai bisa mengurangi performa tubuh untuk menyerap radiasi ultraviolet B (UVB) dari matahari. Penyerapan ini difungsikan agar kulit memproduksi vitamin D dengan cara alamiah bagi tubuh.

    3. Lokasi Geografis Tempat Tinggal

Orang yang tinggal di lintang utara akan mengalami kesulitan dalam memperoleh sinar matahari yang bertujuan untuk memperoleh sumber vitamin D dengan cara alami. Selain itu, apabila Kalian tinggal di lingkungan yang tingkat polusinya tinggi, ataupun Kalian ialah jenis orang-orang yang bekerja ketika malam hari, sangat direkomendasikan bagi Kalian untuk memperoleh sumber vitamin D dari makan ataupun suplemen vitamin lainnya.

    4. Bayi yg Masih Menyusu

Bayi yang mendapat ASI pribadi memperlukan suplemen vitamin D, khususnya apabila mereka mempunyai kulit gelap ataupun mempunyai sedikit paparan sinar matahari. American Academy of Pediatrics merekomendasikan supaya semua bayi yang disusui mendapatkan 400 international units (IU) vitamin D oral per hari.

Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa berakibat pada kelainan bentuk tulang semacam rakhitis hingga pembengkokan tulang yang parah sebab pelunakan tulang pada usia anak-anak, dan nyeri tulang yang dikarenakan oleh keadaan yang disebut osteomalasia pada orang-orang dewasa. Osteomalasia bisa menyebabkan kepadatan tulang yang kurang baik dan kelemahan otot. Selain oteomalasia, kekurangan vitamin D juga bisa berdampak pada kerapuhan tulang semacam osteoporosis.

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Ada berbagai makanan yang bisa Kalian konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D di tubuh Anda. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Kuning telur: Setiap telur yang diternakkan dengan cara komersial hanya mengandung kurang lebih 37 IU vitamin D per kuning telurnya. Sedangkan telur dari ayam yang dibesarkan di luar tanpa ada intervensi obat-obatan alias diberi pakan mengandung kadar vitamin D yang jauh lebih tinggi.
  • Jamur: Jamur bisa mensintesis vitamin D2 ketika terkena sinar UV. Hanya jamur yang tumbuh di alam terbuka ataupun jamur yang diberi sinar UV yang ialah sumber vitamin D
  • Bahan makanan yang diperkaya vitamin D: Makanan semacam susu sapi, susu kedelai, jus jeruk, sereal, dan oatmeal terkadang diperkaya dengan vitamin D. Ini mengandung 54-136 IU per porsi.
  • Ikan berminyak, semacam salmon, sarden, herring, tuna dan mackerel: Contohnya ikan herring. Ikan ini mengandung 216 IU vitamin D per porsi 3,5 ons (100 gram).

Sumber makanan yang lain untuk memenuhi kebutuhan vitamin D Anda, bisa Kalian temukan pada beberapa suplemen makanan yang terdapat di apotek ataupun supermarket terdekat.

Vitamin D terbukti mempunyai banyak kegunaaan bagi tubuh kita. Ada beberapa sumber makanan yang bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D supaya tak berdampak pada resiko kesehatan yang lebih fatal. Setelah menyimak postingan ini, pastikan Kalian juga membagikannya pada sanak keluarga dan orang-orang terdekat supaya mereka juga bisa hidup sehat seperti Anda. Semoga tetap sehat selalu.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tulang Anda"